1. Belajar, Perkembangan, dan Pendidikan Belajar merupakan hal yang menarik dipelajari. Ketiga gejala tersebut terkait dengan pembelajaran. Belajar dilakukan oleh siswa secara individu. Perkembangan dialami dan dihayati pula oleh siswa secara individu. sedangkan pendidikan merupakan kegiatan interaksi, dalam interaksi tersebut, pendidik atau guru bertindak mendidik si peserta didik atau siswa. tindak mendidik tersebut menuju pada perkembangan siswa menjadi mandiri.
Syarat perkembangan mental:
- Pertumbuhan jasmani telah siap
- Individu belajar, baik atas dorongan sendiri dan lingkungan sekitar.
2. Ciri-Ciri Belajar dan Pembelajaran. Belajar merupakan tindakan dan prilaku siswa yang kompleks, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Belajar menurut pandangan Skinner yaitu belajar adalah suatu prilaku pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
Di dalam belajar ditemukan adanya hal-hal berikut:
- Kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon pembelajar
- Respon si Pembelajar
- Konsenkuensi yang bersifat menguatkan respun tersebut
3. Komponen Esensial Belajar dan Pembelajaran
Syarat perkembangan mental:
- Pertumbuhan jasmani telah siap
- Individu belajar, baik atas dorongan sendiri dan lingkungan sekitar.
2. Ciri-Ciri Belajar dan Pembelajaran. Belajar merupakan tindakan dan prilaku siswa yang kompleks, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Belajar menurut pandangan Skinner yaitu belajar adalah suatu prilaku pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
Di dalam belajar ditemukan adanya hal-hal berikut:
- Kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon pembelajar
- Respon si Pembelajar
- Konsenkuensi yang bersifat menguatkan respun tersebut
3. Komponen Esensial Belajar dan Pembelajaran
- Belajar merupakan interaksi antara keadaan internal dan proses kognitif siswa dengan stimulus dari lingkungan.
- Proses kognitif tersebut menghasilkan suatu hasil belajar. Hasil belajar tersebut terdiri dari informasi verbal, keterampilan intelek, motorik, sikap, dan siasat kognitif.
Belajar merupakan hal yang kompleks. Kompleksitas belajar tersebut dapat di pandang dari dua subjek, yaitu siswa dan guru. Dari segi siswa, belajar di alami sebagai suatu proses siswa mengalami proses mental dalam menghadapi bahan belajar. Dari segi guru, proses belajar tersebut dapat di amati secara tidak langsung. Artinya proses belajar yang merupakan proses internal siswa tidak dapat di amati tetapi dapat dipahami oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar